Sabtu, 01 September 2018

Kenangan Asian Games 2018 yang Tak Berkesudahan


LIPUTAN BERITA - Asian Games 2018 telah berakhir. Tapi, kesuksesannya akan selalu terkenang.

Banyak kisah positif dan inspiratif yang lahir dari hajat olahraga terbesar di Asia ini. Dari perjuangan tanpa lelah, mendinginkan suhu politik tanah air, hingga menghasilkan miliaran rupiah untuk membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, lewat konser amal.

Keriuah Asian Games 2018 dibuka dengan aksi dramatis Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mencuri perhatian. Jokowi tampil dalam sebuah video yang menggambarkan seolah-olah berangkat ke Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, menunggangi sepeda motor gede karena terjebak kemacetan.

Bak layaknya film, dalam tayangan itu Jokowi menggunakan pemeran pengganti atau stuntman saat beraksi ekstrem di atas kuda besi. Mulai dari aksi freestyle, stopie, hingga membantu anak-anak sekolah menyeberang jalan.

Rekaman video itu dibuat seolah menyatu dengan realitas di lokasi opening ceremony Asian Games pada 18 Agustus lalu. Akhir dari cerita di video itu menyambung dengan penampilan 'Jokowi' yang mengendarai sepeda motor di dalam GBK dan berakhir dengan masuknya sang Presiden ke-7 RI itu ke area VIP untuk membuka secara resmi ajang Asian Games ke-28 ini.

Jokowi menceritakan bagaimana dirinya terlibat dalam video itu hingga mengendarai motor gede dan berakrobat di pembukaan Asian Games 2018. "Ini sudah lama, sudah 1,5 tahun yang lalu. Saya didatangi sama EO-nya, Pak Wishnutama sama Pak Erick," ungkap Jokowi, Rabu 29 Agustus.

Saat itu, tutur Jokowi, Wishunatama dan Erick Tohir memaparkan sejumlah ide ke dirinya mengenai konsep pembukaan Asian Games 2018. Untuk lebih memeriahkan acara, Jokowi juga diajak untuk turut andil dalam pembukaan tersebut dan diberi tiga pilihan.

"Saya diberi tiga alternatif saat itu, yang biasa, yang agak ekstrem, dan yang ketiga ini yang ekstrem. Saya pilih yang ketiga, saya pilih yang ekstrem. Sudah, nah itu jadinya seperti itu," ungkap Jokowi.

Walaupun menuai pro dan kontra di tahun politik, aksi presiden Jokowi tetap meninggalkan kesan yang mewarnai kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.


0 komentar:

Posting Komentar