Rabu, 20 Desember 2017

Anies: Kali Jatipadang Perlu Dilebarkan Lagi, Caranya Lihat Nanti


LIPUTAN BERITA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, satu-satunya solusi untuk menghentikan banjir yang diakibatkan oleh jebolnya tanggul di Kali Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yaitu dengan melebarkan kali yang ada di sana.

Sekarang ini, kata Anies, lebar sungai yang awalnya 20 meter kini cuma tersisa 2-1,5 meter saja. Tapi, pihaknya belum mengetahui cara untuk melebarkan kali itu.

"Mau tidak mau harus ada pelebaran, caranya dan lain-lain nanti kita lihat," ungkap Anies di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017)

Menurutnya, warga Jatipadang telah bersedia rumahnya digeser untuk melebarkan kali.

"Saya bicara sama warga yang tinggal di tepian situ, rata-rata sudah menyadari bahwa tidak ada pilihan lain selain melebarkan sungai, mengembalikan lagi hak tata sungai itu. Mereka mau ditata," ujar Anies.


Mantan Mendikbud itu menyebutkan, Kali Jatipadang menyempit dari lebar ideal 20 meter menjadi 1,5 meter, bahkan ada bagian yang kalinya hilang alias tertutup rumah.

"Dari 20 meter tinggal 2 meter, bahkan di beberapa tempat tinggal 1,5 meter. Bahkan 50 meter dari lokasi tanggul jebol sungainya sudah hilang, nggak ada sungai ditutup oleh rumah," ujar Anies.

Sementara untuk jangka pendek, Pemprov akan membuat tanggul beton dan merobohkan jembatan di Kali Jatipadang yang menghambat aliran air.


0 komentar:

Posting Komentar