Kamis, 28 Desember 2017

Kemenkes siapkan 700 serum anti difteri



 Menteri Kesehatan Nila Djuwita Farid Moeloek mengatakan, pemerintah telah menyiapkan cadangan Anti Difteri Serum (ADS) atau serum anti difteri. Nantinya ADS itu akan disebarkan ke seluruh Indonesia untuk diberikan kepada pasien terduga difteri.

Nila menyebut sebanyak 700 ADS dalam vial atau tempat penampung obat itu merupakan buatan dari PT Bio Farma. Namun, sebelumnya pihaknya telah menyuplai 500 vial dari World Health Organisation (WHO) sebagai stok cadangan ADS untuk para penderita dan untuk mengantisipasi kekurangan stok.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa serum akan diberikan jika penderita positif terkena Difteri. Karena jumlah penderita tidak statis dan tidak terprediksi dan pihaknya juga memerlukan ADS yang merupakan impor dari luar negeri untuk menyuplai ketersediaan stok.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar tak terlalu dekat dengan seseorang yang mempunyai penyakit difteri dan terus waspada terhadap penularan penyakit Difteri. Ia juga ingin agar masyarakat tetap mengikuti ORI (Outbreak Response Immunisation).

0 komentar:

Posting Komentar